NIlai adalah keyakinan dasar yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang dalam menghadapi suatu kejadian
nilai penting dipelajari karena nilai menjadi dasar begi kita untuk memahami sikap dan motivasiserta dapat mempengaruhi persepsi kita tentang "apa yang seharusnya' dan 'apa yang tidak seharusnya
Tipe-tipe nilai:
1. Nilai terminal:
Bentuk akhir keberadaan yang sasarannya sangat diinginkan yang ingin dicapai seseorang dalam hidupnya
2. Nilai Instrumental
bentuk perilaku atau upaya pencapaian nilai-nilai terminal yang lebih disukai oleh orang tertentu
3. Nilai Antar budaya
Menurut "HOFSTEDE" ada 5 dimensi nilai budaya nasional yang membedakansikap para manager, yaitu:
- Jarak kekuasaan
- Individualisme vs kolektivitasme
- kuantitas kehidupan vs kualitas kehidupan
- Penghindaran ketidakpastian
- Orientasi jangka pendek vs jangka panjang
SIKAP
Sikap adalah pernyataan atau penilaian 2 evaluatif berkaitan dengan objek atau peristiwa
Komponen sikap:
- kognitif (positif + atau negatif - hanya dalam pikiran
- Afektif (perasaan)
- Perilaku
- Kepuasan kerja: Sikap umum individu terhadap pekerjaanya
- Keterlibatan kerja
- Komitmen keorganisasian
Jika ada ketidakkonsisten/ketidaksesuaian antara perilaku dan sikap maka seseorang akan berusaha menyeimbangkannya sehingga mencapai disonasi yang minimum
Cara menggunakan ketidakpuasan:
- Keluar (walk out)
- Suara
- kesetiaan
- pengabaian
0 comments:
Post a Comment