Game Leadership



Pada tanggal 2 mei 2012, kami memainkan sebuah game yang diberikan oleh pak seta, game tersebut yaitu mendistribusikan bola kepada setiap anggota kelompok. Cara bermainnya mudah, pertama kita membuat kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 7 orang dan setiap kelompok harus mempunyai 1 orang yang akan menghitung waktu dalam mendistribusikan bola dan satu orang lagi untuk menulis catatan waktu.inti dalam permainan ini adalah bagaimana cara kita mendistribusikan bola secepat mungkin tapi harus melewati setiap orang. Cara bermainnya mudah, awalnya kita harus membuat lingkaran, cara mendistribusikan bolanya harus selang satu orang. Contohnya jika saya sebagai orang pertama yang memegang bola, saya harus mendistribusikan bolanya kepada orang ketiga sebelah kiri saya dan orang ketiga akan mendistribusikan bolanya kepada orang kelima dan seterusnya, hingga kembali lagi ke saya sebagai orang pertama dan terakhir memegang bola.


Peraturan dalam permainan ini yaitu :
  •            Bola yang kita distribusikan tidak boleh sampai jatuh, jika jatuh di anggap gagal.
  •            Distribusi bola harus melewati setiap anggota kelompok.
  •        Memecahkan waktu yang telah di tetapkan akan mendapatkan poin (+3), jika sama dengan waktu yang di tetapkan akan mendapatkan poin (+1), sedangkan kurang dari waktu yang ditetapkan akan mendapatkan poin (-3).


Misalnya, jika di tetapkan waktu (3,1 detik) dalam mendistribusikan bola, jika bisa melewati waktu tersebut akan mendapatkan poin (+3), jika sama dengan waktu yang ditetapkan mendpatkan poin (+1), sedangkan jika kurang dari waktu yang telah di tetapakan mendapatkan poin (-3).

Analisis masalah
  • Masalah yang dihadapi di permainan ini yaitu, Terjatuhnya bola karena sering terjadinya miss komunikasi, tangan yang basah, tangan yang gugup atau gemetar, kurang fokus dan lain-lain.
  • Masalah yang paling penting adalah bagaimana cara mendistribusikan bola dengan cepat.

Penyelesaian masalah
  • kita harus fokus dalam memainkan permainan ini karena jika tidak fokus bisa-bisa saat bermain kita akan menjatuhkan bola.
  • Jika kita menganalisis dari awal sampai akhir game,yaitu bagaimana kita bisa mendistribusikan bola dengan cepat untuk memecahkan waktu yang sebelumnya kita capai, kita dapat menyimpulkan bahwa semakin jauh jarak atau diameter lingkaran yang kita buat maka semakin membutuhkan waktu yang lama untuk mendistribusikan bola tersebut, sebaliknya jika semakin kita mendekat atau membuat diameter lingkaran yang kecil maka semakin cepat kita mendistribusikan bola tersebut.

Related Posts



0 comments:

Post a Comment