Resume pertemuan kedua psikologi industri




Pada pertemuan ke-2, membahas tentang apa guna belajar psikolog industri. Industri erat hubungan dengan organisasi. Karena dalam industri tidak dilakukan oleh 1 orang dan membutuhkan proses untuk mencapai suatu tujuan.
Organisasi dibagi menjadi 2 bagian, yaitu:
·         Psikologi/SDM (Sumber Daya Manusia)
·         Sistem/Manajemen
Organisasi adalah sistem terbuka guna membentuk manajemen yang baik, yang dapat dijelaskan dengan visual berikut.

#1 Psikologi/SDM
  • *        Team work
  • *        Motivasi
  • *        Komitmen
  • *        Solidaritas

Dalam bagian-bagian dari psikologi/SDM yang harus diutamakan itu adalah Motivasi. Karena Manusia yang tidak mempunyai motivasi dalam menjalankan pekerjaannya maka hasil yang di dapatkan tidak sesuai yang diharapkan oleh sebuah perusahaan. Tanpa adanya motivasi manusia sering merasa tidak bersyukur dengan apa yang dia peroleh dan selalu mengeluh atas pekerjaan yang diberikan olehnya.
                Pelayanan (services) terhadap sebuah perusahaan itu perlu. Gunanya adalah meningkatkan performa kerja sehingga manusia itu mendapatkan benefit/keuntungan yang telah dicapai. Dalam kesempatan ini saya akan memberikan rumus tentang Pelayanan (Services):
  1. ·         HS adalah Hub skill, contoh seperti ijazah, sertifikat, piagam dll.
  2. ·         SS adalah Soft skill, suatu keinginan atau motivasi dalam meraih sesuatu yang dikejar
  3. ·         Time consuming adalah manajemen waktu dalam melakukan suatu pekerjaan. Apakah pekerjaan itu cepat selesai atau selalu menunda-nundanya.
  4. ·         Cost adalah harga yang dikeluarkan untuk melakukan suatu pekerjaan.
  5. ·         Hazel atau mengeluh. Point yang satu ini sangat fatal karena jika H ini tinggi maka output yang dihasilkan tidaklah bagus.

Dahulu masyarakat yang kaya adalah masyarakat yang mempunyai tanah yang luas. Sehingga mereka dapat menguasai setidaknya sekitar daerah tempat dia tinggal. Namaun ketika mesin uap telah ditemukan oleh James Watt semua nya berubah. Era perindustrian dimulai. Mereka yang mempunyai uang dan mesin adalah orang yang paling kaya pada masa itu. Karena mesin saat itu adalah hal yang langkah dan tidak semua orang yang bisa mempunyainya. Setiap zaman pasti selalu berubah. Dan pada era kita sekarang atau bisa kita sebut era modern, mesin adalah prioritas kedua. Sekarang TEKNOLOGI & INFORMASI yang memegang kendali terhadap uang yang dihasilkan. Dan yang lebih menguntungkan semua orang bisa mendapatkannya secara murah dan semua orang bisa menghasilkan uang.

#2 Sistem
Didalam sistem harus ada beberapa point yang diperhatikan, yaitu:
*        Visi & misi
*        Struktur organisasi
*        Job desk ( uraian jabatan, dan tanggung jawab terhadap pekerjaan)
*        Development (pengembangan terhadap pekerjaan supaya cocok dengan posisi yang diberikan)
*        Measurement/pengukuran/penilaian (guna menentukan nilai dari kecocokan posisi dalam pekerjaan dan feed back.
*        Coaching (pelatihan pekerjaan yang diterima agar tidak kaku)
*        Remunerasi (penggajian dan bonus yang diterima setelah prestasi yang kita dapat.





Related Posts



2 comments:

seta said...

Terima kasih sudah berbagi di blog yang sarat informasi ini, terima kasih juga telah menempatkan pelajaran kelas dalam blog yang luar biasa ini...terus berbagi, dan saya terinspirasi dengan tagline "pengetahuan membuat kita hidup" dan akan semakin powerful jika "kita" sebagai manusia aktif dalam menciptakan pengetahuan...karena Kita adalah hidup...so bagaimana "Kita hidup untuk selalu membuat pengetahuan"..keep on spirit for better 1ndONEsia !

LolFunny165 said...

Terima kasih juga atas apresiasi pada blog saya. saya sangat menghargainya itu.

Post a Comment